Selasa, 10 Februari 2009

MEMULAI COREL DRAW 12


istilah-istilah yang perlu diketahui dalam
pemakaian program corel draw 12:


~objek (elemen pembangun yang merupakan
bagian dari drawing, bisa berupa gambar atau teks)
~drawing (objek yang telah dibuat dalam c.d
~gambar vektor (gambar yang tidak tergantung
pada resolusi, sehingga dapat diubah ukurannya
& dapat dicetak pd semua jenis resolusi printer
tanpa kehilangan detail gambarnya)
~docker (berfungsi untuk mengakses hampir
seluruh perintah selain yang terdapat di property bar)
~flyout (tombol utk membuka kelompok tool
yang saling berhubungan)
~bitmap (kombinasi titik-titk pada layar
komputer yang membentuk image)
~paragraph text (teks yang dapat diterapkan
pilihan pemformatan dengan pengeditan
dilakukan dalam bentuk frame)
~artistic text (teks yang dapat diberi efek
khusus seperti bayangan)

area kerja c.d 12:
~title bar (judul dokumen)
~meunu bar (pilihan menu)
~standard toolbar (ada di bawah menu bar,
berisi tombol shortcut utk berbagai perintah)
~property bar (berisi tool perintah yg sedang aktif)
~toolbox (berisi kumpulan tool)
~drawing window (daerah di luar drawing page
yang dibatasi oleh scroll bar dan perintah aplikasi)
~drawing page (area berbentuk persegi yang akan
tampil ketika dicetak)
~rulers (batas vertikal dan horizontal utk
mengatur ukuran objek)
~docker (berisi perintah yg sesuai dgn tool)
~color pallete (utk mengganti warna objek)
~navigator (ada di kanan bawah drawing
window utk membant memindahkan sekeliling drawing)
~scroll bar (untuk menggeser drawing
ke atas/bawah/kiri/kanan)
~document navigator (ada di kiri bawah
drawing window, untuk mengatur
perpindahan dan penambahan halaman)




1. title bar
menampilkan nama file yang sedang terbuka.

2. menu bar
berisi pilihan menu pull-down. menu yang
ada diantaranya adalah file, edit, view, layout,
arrange, effects, bitmaps, text, tools, window,
dan help

3. standard toolbar
berisi perintah:
~new (ctrl+n). untuk memulai drawing baru
~open (ctrl+o). untuk membuka drawing yang telah disimpan
~save (ctrl+s). untuk menyimpan drawing
~print (ctrl+p). untuk mencetak drawing
~cut (ctrl+x). untuk mengambil objek
~copy (ctrl+c). untuk menyalin objek
~paste (ctrl+v). untuk meletakkan objek yang
telah di cut/copy ke tempat lain
~undo (ctrl+z). untuk membatalkan langkah
terakhir yang kita lakukan
~redo (ctrl+shift+z). untuk membatalkan undo
~import (ctrl+i). utk mengimpor gambar
~export (ctrl+e). utk mengekspor gambar
~app launcher. menggunakan aplikasi dari kelompok corel
~corel online. masuk ke situs web komunitas corel gratis
~zoom level. mengatur perbesaran tampilan gambar

4. property bar
menampilkan kelengkapan yang berhubungan dengan
tool yang sedang digunakan untuk mempermudah pekerjaan

5. toolbox
berisi tool yang dipakai untuk mengolah objek.
tool-tool yang ada diantaranya:
~pick tool. menyeleksi, mengubah ukuran,
memindah, menduplikasi, dan menghapus objek
~shape tool. mengedit bentuk dasar suatu objek.
kompunen yang ada:
a) shape tool. mengedit bentuk objek
b) knife tool. memotong/memisahkan objek
c) eraser tool. menghapus sebagian gambar
d) smudge brush tool. mengubah bentuk objek
vektor dgn melakukan drag di outlinenya
e) roughen brush tool. mengubah outline objek
vektor dgn melakukan drag di outlinenya
f) free transform tool. mengubah bentuk objek secara bebas
g) virtual segment delete. menghapus bagian objek yang terpilih
~zoom tool. mengatur tampilan gambar pada layar monitor.
terdiri dari zoom tool dan hand tool untuk mengontrol bagian
dari drawing yang akan dimunculkan pada layar. icon hand
dapat diakses dengan menekan tombol H. untuk zoom in,
cukup dengan F2. untuk zoom out, dapat memakai F3.
~freehand tool. fasilitas paling sederhana untuk
membentuk gambar, garis, atau kurva.terdiri dari:
a) freehand tool. menggambar garis
tunggal segmen dan kurva
b) bezier tool. menggambar satu
segmen kurva dalam satu waktu
c) artistic media tool. memberi akses ke
brush tool, sprayer, callighrapic, dan pressure
d) pen tool. hampir sama dengan bezier
e) polyline tool. menggambar garis dan kurva
f) three point curve tool. menggambar
kurva dengan bentuknya didefinisikan
oleh titik awal, akhir, dan tengah
g) interactive connector tool. menggabungkan
2 objek menggunakan garis
h) dimension tool. menggambar garis vertikal,
horizontal, diagonal, dan bersudut
~smart drawing tool. digunakan untuk
menyempurnakan bentuk objek, jika
suatu objek tidak dikonversi secara benar,
maka dapat lebih disempurnakan lagi.
Bisa juga dipakai utk mengkoreksi objek
yang telah dibuat.
~rectangle tool. Untuk membuat persegi/
persegi panjang. Ada juga three point rectangle tool.
Untuk menggambar persegi dengan men-drag
membuat garis dasar persegi terlebih dahulu
kemudian klik utk mengatur tingginya.
~elipse tool. menggambar lingkaran dan elips.
bisa juga menggunakan three point elipse,
dengan mendrag garis tengah elips,
kemudian klik untuk mengatur tingginya
~graph paper tool. terdiri atas tiga komponen:
a) graph paper tool. menggambar bentuk
kotak-kotak, terdiri atas beberapa baris&kolom
b) polygon tool. menggabar bidang bersisi banyak
c) spiral tool. menggambar objek spiral
~basic shapes. terdiri dari:
a) basic shapes tool. untuk memilih berbagai bentuk objek
b) arrow shapes tool. menggambar panah
c) flowchart shapes tool. menggambar simbol flowchart
d) star shapes tool. menggambar bintang
e) callout shapes tool. menggambar label dan kotak dialog
~text tool. untuk mengolah teks secara langsung
~interactive blend tool. terdiri atas:
a) int blend tool. memadukan
perubahan bertahap dua obj
b) int contour tool. membuat
garis luar ke obj
c) int distortion tool. membuat
bentuk push/pull, zipper, dan
twister dist ke obj
d) int envelope tool. menyim-
pangkan bentuk obj
e) int extrude tool. membuat
penglihatan kedalaman obj
hingga 3 dimensi
f) int drop shadow.
memberi bayangan pd obj
g) int transparency tool.
membaut warna transparan pd obj
~eyedropper tool. terdiri dari:
a) eyedropper tool. mengambil komposisi
warna dr obj pada drawing window
b) paintbucket tool. memberi warna ke dalam
obj dgn warna yg diambil dg eyedropper
~outline tool. untuk mengubah jenis, warna,
style, bentuk sudut, dan akhiran garis suatu
outline (garis tepi objek)
~fill tool. berisi uniform fill (warna merata),
fountain fill (gradasi dua warna), pattern fill
(warna berpola), texture fill (warna spesial
spt warna awan, air, dst), post script fill
(hampir sama dengan pattern fill), no fill
(tanpa warna), dan color docker (mengisi
objek dengan warna yang ada di dalamnya)
~int fill tool. membuat berbagai macam fill
pd obj. ada juga int mesh tool, untuk
membuat grid yang bertautan ke dalam obj.

6. menggunakan ruler
merupakan batas vertikal dan horizontal
untuk menentukan ukuran dan letak objek
dalam drawing. juga bisa untuk membantu
dalam memodifikasi gambar.

7. menggunakan docker window
berisi pilihan, kotak isian, tombol, dan
kontrol lainnya. dapat terus ditampilkan
selama bekerja agar memudahkan pengaksesan
perintah cepat. docker window bisa ditempelkan
di mana saja, atau dibiarkan melayang di manapun
yang kita inginkan, sehingga tidak mengganggu kita
selama mengedit objek.

8. menggunakan color palette
merupakan kumpulan berbagai warna
untuk mewarnai objek. tinggal klik warna
yang akan dipakai

9. navigator
merupakan tombol di sudut kanan bawah
drawing window untuk membantu
perpindahan area dlm drawing page

10.document navigator
digunakan untuk menambah,
mengurangi, memindah,
merubah nama, atau menyisipkan
halaman dalam satu file

11.status bar
menampilkan informasi
mengenai obj yang terseleksi

Tidak ada komentar: